Intip Pelanggar Lalu Lintas

Minggu, 3 Februari 2008 (Koran Surya)

Apa jadinya bila aparat, ternyata melanggar lalu lintas?. Wah pastinya bisa heboh dan mengundang kecaman banyak pihak. Itulah salah satu dari banyak foto yang ditampilkan di situs http://www.maludong.com, yang kesemuanya isi dari situs ini adalah foto tentang pelanggaran lalu lintas yang dilakukan semua orang.

Tujuan dari dibuatnya situs ini adalah untuk mengajak segenap masyarakat untuk meningkatkan budaya tertib dan disiplin dalam berkendaraan. Sehingga budaya malu untuk melanggar bisa ditumbuhkan lagi di kalangan masyarakat.

Dalam situs ini, semua foto yang ditampilkan adalah sumbangan dari masyarakat yang memang memiliki kepedulian untuk mengabadikan moment menarik meskipun agak nakal. Mengapa disebut nakal, karena foto yang ditampilkan semuanya adalah foto pelanggaran yang dilakukan pengendara saat di jalan raya.

Namun, pemuatan foto pelanggaran tersebut dalam situs ini bukannya untuk mempermalukan individu yang bersangkutan, tetapi agar orang yang mengunjungi situs ini tak meniru apa yang ada di dalam bingkai foto tersebut. Pengunjung situs diharapkan agar tidak mencontoh perilaku masyarakat yang ugal-ugal itu, sehingga setelah melihat foto-foto pelanggaran lalu lintas itu pengunjung situs bisa lebih peka dan belajar mematuhi peraturan lalu lintas.

Karena jalan raya itu bukan milik pribadi melainkan milik bersama. Jika pengguna jalan sadar bahwa jalan raya adalah miliki bersama, harusnya mereka sadar diri untuk tidak seenaknya sendiri saat berkendara. Karena kadang tanpa disadari hal itu bisa merugikan pengguna jalan lainnya.

Misalnya, ada yang parkir sepeda (mobil) seenaknya sendiri di pinggir jalan hingga menghabiskan marka jalan, hal itu tentunya akan berakibat buruk, yaitu jalanan akan menyempit dan bisa berakibat macet. Atau berkendara motor tak pakai helm dan berboncengan tiga, belum lagi jalannya ngebut, wuihh sungguh menyesakkan melihat pemandangan seperti itu.

Yang tak boleh dilupakan, jalanan Indonesia merupakan tempat yang lumrah untuk terjadinya pelanggaran berlalu lintas. Orang kaya maupun miskin, orang rendahan maupun kaum berpendidikan ternyata mempunyai peluang yang sama untuk melakukan pelanggaran. Karena di jalanan, hal itu bisa saja terjadi tanpa di duga sebab situasi jalanan kadang mendukung untuk melakukan pelanggaran berlalu lintas.

Di Indonesia, ketertiban mungkin adalah barang yang mahal dan sulit untuk ditemukan. Coba tengok saja di situs ini, betapa banyak sekali macam pelanggaran yang diperbuat. Semua kendaran, entah itu sepeda motor, mobil, maupun kendaraan umum sepertinya saling berebut untuk melakukan pelanggaran.

Oleh
Erik Purnama P
erikeyikumm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: