Krisis Identitas, Punah Berpikir Kritis

Saturday, 24 November 2007 (Koran Surya)

Disadari atau tidak mahasiswa adalah generasi penerus dan calon pemimpin bangsa Indonesia. Mahasiswa sebagai masyarakat intelektual diharapkan mampu menjaga nilai nilai luhur bangsa dan mentransformasikan ilmunya dalam kehidupan di masyarakat.

Namun peran mahasiswa sebagai agent of change, nyatanya mulai terkikis. Mahasiswa yang berpotensi menjadi seorang pemimpin telah kehilangan jati dirinya sebagai agen perubahan.

Sekarang dalam kesehariannya mahasiswa lebih banyak bergelut dengan dunianya sendiri, seperti shopping ke mal, nongkrong di kafe, atau asyik ke tempat hiburan malam (diskotik). Mahasiswa sudah mengalami krisis identitas. Tugas dan fungsi yang harus diembannya sudah tak melekat lagi bahkan mungkin telah lenyap dimakan waktu. Mahasiswa sudah menjadikan komoditas dan pemuja gaya hidup pop yang mewabah. Sudah saatnya mahasiswa kembali menumbuhkan sikap berpikir kritis, terbuka, menghargai pluralisme, dan meningkatkan kepekaan sosialnya. Sudah bukan zamannya mahasiswa datang ke tempat kuliah hanya duduk dan sekadar mengisi absensi. Mahasiswa harus dituntut aktif dan antusias dalam menerima materi dari dosen.

Salah satu penyebab keterpurukan bangsa ini adalah belum adanya (calon) pemimpin yang benar-benar dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa. Ini menjadi tantangan mahasiswa untuk menjawabnya. Sementara tak dapat dipungkiri, peran mahasiswa pascareformasi nyaris tidak terdengar.

Saya pun sebagai mahasiswa tak memungkirinya.Untuk itu dibutuhkan peran mahasiswa untuk ikut mewujudkan negara Indonesia yang lebih baik. Nasib bangsa sangat tergantung pada generasi muda, dan disinilah peran mahasiswa untuk terlibat mengatasi persoalan bangsa. Karena, sekali lagi mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa. Bila para calon pemimpin lebih senang ke mal daripada perpustakaan, jangan heran jika lulusan yang dihasilkan bermental kapitalisme dan tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

Oleh
Erik Putra
Mahasiswa Fakultas Psikologi UMM

erikeyikumm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: