Surga Pecinta Dunia Jurnalis

Minggu, 24 Februari 2008 (Koran Surya)

Bagi pengunjung situs yang ingin belajar otodidak lebih dalam dan serius tentang dunia jurnalistik, atau bagi jurnalis (wartawan ataupun reporter) yang ingin mengasah dan meningkatkan kemampuannya di bidang jurnalistik, tak ada salahnya jika mengunjungi alamat situs http://www.journalist-adventure.com.

Untuk mahasiswa atau peminat dunia jurnalistik, serta orang awam yang ingin tahu lebih detail tentang petualangan seorang jurnalis dalam mencari berita, pengunjung akan mendapatkan semua hal yang berbau jurnalis, yang diinginkannya. Bahkan mungkin sebuah pengalaman baru akan pengunjung dapatkan di situs ini.

Misalnya, jika Anda adalah orang awam yang ingin tahu seluk beluk aktifitas seorang jurnalis (wartawan atau reporter) di media massa (cetak atau elektronik) besar, Anda bisa memperolah gambaran cara kerjanya di situs ini secara lengkap. Anda akan tahu bagaimana jika seorang wartawan itu disuruh mencari berita yang bagus dengan peliputan dari angle yang lain dari biasanya, mau tak mau wartawan itu harus memeras otaknya untuk memikirkan cara membuat berita seperti yang diinginkan redaksinya.

Atau gambaran seorang wartawan yang harus bekerja keras mencari berita, sementara deadline waktu yang diberikan atasannya sangat sempit, tentu saja wartawan itu harus pontang-panting untuk menyiasati keadaan itu dan harus menyetorkan beritanya sebelum terlambat agar tak terkena semprot dari redaksinya.
Semuanya penjelasan itu bisa pengunjung dapatkan di blog ini. Blog yang berhubungan dengan dunia jurnalis ini menampilkan berbagai sisi dunia jurnalistik secara utuh. Begitu juga tentang content yang ada di dalamnya, yang banyak disajikan tips berisi gagasan untuk mengejar liputan yang sulit dijangkau dan mencari liputan yang khas guna disajikan kepada pembaca, pemirsa dan pendengar.

Tips lainnya yang bisa didapatkan adalah tentang wartawan pemula yang ingin meningkatkan skill jurnalisnya atau orang yang bercita-cita dan ingin menjadi wartawan profesional. Bagi kalangan jurnalis atau wartawan pemula, tentu saja keberadaan blog ini tak bisa meremehkan, karena bisa menunjang pengetahuan tentang dunia jurnalis dan pengembangan kemampuan menulis.

Dalam rumah maya ini juga ada sebuah artikel menarik yang menceritakan pengalaman bagaimana seorang wartawan itu harus bekerja keras menyajikan berita yang bagus, namun kadang semunya itu terkendala masalah penghasilan yang diterimanya.
Di sisi lain, pengunjung juga bisa melihat-lihat berbagai lowongan kerja yang ditawarkan berbagai media cetak dan elektronik. Sehingga jika ada yang berminat menjadi wartawan atau reporter bisa tertolong dengan adanya blog ini.

Di blog ini ditampilkan berita-berita yang pernah di muat di Koran nasional maupun internasional. Tujuan dari pemuatan itu adalah untuk pembelajaran bagi seorang jurnalis pemula yang memang sedang mengasah bakat kemampuan bidang jurnalistiknya. Agar jurnalis pemula itu mampu menjadikan berita itu sebagai studi kasus peliputan agar dapat belajar bagaimana seharusnya meliput berita itu dengan baik.

Tak ketinggalan dalam blog juga ditampilkan berbagai berita terbaru. Karena blog ini tersambung dengan berbagai media online yang lainnya, seperti Al Jazeera, British Newspaper, hingga televisi Iran Live. Dari berbagai link yang ada tersebut, sudah bisa dinilai jika blog ini cukup lengkap.

Erik Purnama Putra
Jurnalis Koran Bestari UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: