JLS Harus Direalisasikan Secepatnya

Rabu 14 Mei 2008 (Seputar Indonesia)

Calon Gubernur (Cagub) dan wakilnya harus meneruskan pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sampai saat ini terkatung-katung. Padahal pembangunan JLS akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Jawa Timur (Jatim) di bagian selatan, yang notabene wilayah pesisir. Karena sampai saat ini, masyarakat pesisir di daerah selatan masih banyak yang hidupnya di bawah garis kemiskinan.

Sudah saatnya Cagub dan wakilnya yang ingin maju dalam Pilkada 2008 harus memerhatikan pembangunan JLS yang masih terkatung-katung. Jangan jadikan tak adanya perhatian dan bantuan finansial dari pemerintah pusat sebagai alasan untuk tidak meneruskan proyek jalan yang akan meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat di wilayah selatan. Apalagi di daerah yang akan dilalui JLS masih belum banyak permukiman warga, sehingga keadannya akan jauh lebih mudah dari membebaskan tanah bila daerah itu banyak perumahan warga. Sekarang tinggal komitmen cagub dan wakilnya yang apakah mau meneruskan proyek prestisius yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat selatan, ataukah malah lepas tangan.

Pembangunan JLS yang meliputi wilayah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi sangatlah diharapkan selesai dan dapat secepatnya direalisasikan. Karena selama ini, wilayah Jatim bagian selatan terpinggirkan dan pembangunan masyarakatnya tertinggal jauh jika dibanding dengan wmasyarakat yang hidup di wilayah utara Jatim.

Pembangunan JLS akan membuka akses jalan masyarakat desa yang hidup di berbagai pelosok desa pesisir, sehingga bisa meningkatkan perputaran uang. Karena dapat dengan cepat menjual hasil tangkapan laut maupun pertanian. Di samping itu, selesainya JLS akan menarik kalangan investor yang ingin menanamkan investasinya di daerah itu. Dan efek multiplier bisa terasa, serta kegiatan ekonomi masyarakat akan meningkat.

Warga pesisir akan gampang bila ke kota karena akses jalan mudah dilalui dan tak lagi harus memutar mencari jalan alternatif guna pergi ke kota. Mobilitas warga juga akan semakin meningkat karena tak ada lagi hambatan yang selama ini terjadi jika JLS memang benar-benar terealisir.

Warga di bagian selatan Jatim juga harus berani menagih janji cagub dan wakilnnya yang terpilih dalam Pilkada nanti. Jika ada salah satu calon yang akan maju menjadi gubernur tidak mau kontrak politik untuk meneruskan pembangunan JLS, jangan pilih mereka. Karena tugas gubernur adalah menyejahterakan masyarakatnya. Dan pembangunan JLS adalah salah satu cara meningkatkan teraf kesejahteraan ekonomi warga Jatim.

oleh
Erik Purnama Putra
Mahasiswa UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: