Menyalurkan Hasrat Tertimbun

Minggu 4 Mei 2008 (Surya)

Di dunia ada dua aliran besar yang berkembang, yaitu Liberalisme (Kapitalisme) atau biasa disebut kelompok aliran ‘kanan’, dan Komunisme (Sosialisme) atau populer disebut kelompok beraliran ‘kiri’. Kedua kubu yang berbeda ideologi itu sangat berpengaruh dalam percaturan dunia dan keberadaannya menjadi kiblat bagi yang mengikutinya.

Liberalisme yang digawangi oleh Amerika Serikat dan negara Eropa Barat dalam perkembangannya lebih kuat dan mampu mengalahkan negara Uni Soviet (Rusia) yang mempelopori ideologi Sosialisme. Setelah sekian lama Liberalisme yang diusung negara barat berkembang sendirian tanpa tandingan, hal itu membuat banyak orang jadi merindukan kembali ajaran Sosialisme.

Menurut mitos dan paradigma yang berkembang di masyarakat, ’kiri’ itu identik dengan komunis, atheis dan sadis. Namun semua pandangan itu akan termentahkan dengan sendirinya jika kita mengunjungi situs http://rumahkiri.net/. Dalam rumah maya ini, kita bisa mendapatkan banyak pemahaman tentang dunia ’kiri’ yang sebenarnya. Aliran ’kiri’ yang dipopulerkan Karl Marx dan Lenin ini ternyata banyak peminatnya dan itu dibuktikan dari banyaknya artikel yang masuk dari masyarakat, yang membahas pergerakan aliran kelompok ’kiri’ yang dewasa ini berkembang di dunia.

Memang ada berbagai anggapan bahwa ideologi Marxis-Lenisis sudah gagal, ambruk dan tak dapat diterima masyarakat dunia. Namun ideologi Sosialisme masih saja banyak orang yang merindukannya, karena ideologi Liberalisme yang sekarang berkembang ternyata hanya menguntungkan dunia barat dan maju (Amerika dan Eropa Barat). Sehingga ada beberapa komunitas tertentu yang tetap berusaha untuk ’menghidupkan’ aliran Sosialis agar tetap menjadi pegangan hidupnya.

Kita tak perlu curiga dengan keberadaan ini, karena semuanya hanya berisi tulisan/artikel yang bersifat mengkritisi aliran Kapitalis yang sudah mapan dan selalu didengung-dengungkan negara barat. Seperti yang diungkapkan Presiden Venezuela, Hugo Chavez bahwa di bawah Kapitalisme Barat, sebuah negara tak akan menemukan sebuah solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Menurutnya, hanya dengan jalan menerapkan Sosialisme di Venezuela maka hal itu merupakan sebuah keniscayaan bagi terciptanya langkah politik yang tepat, karena Sosialisme sendiri berpihak kepada rakyat dan merepresentasikan sebuah langkah maju yang besar dengan memberikan keberpihakan kepada kaum miskin Venezuela.

Dalam rumah maya ini, pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dan berekspresi menyalurkan ide pikiran dan berbagai wawasannya dengan menerjemahkannya ke dalam tulisan atau artikel. Karena memang situs ini menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin mengirimkan tulisan- tentunya harus berbau ’kekiri-kirian dan bersifat kritik membangun.

Pengunjung juga bisa lebih mengenal tokoh Karl Marx sebagai pelopor aliran Sosialisme. Juga ada yang membahas mantan Presiden RI, Soekarno, yang memang notabene adalah sosok yang pernah dekat dengan aliran Sosialis/Komunis. Sehingga bagi peminat dunia aliran ’kiri’, keberadaan situs ini sangat membantu menyalurkan hasrat kemampuan untuk lebih mengekspresikan hobinya, yang berkaitan dengan wacana Sosialisme. Hal itu juga didorong adanya rubrik citizen journalism, yang menampung berbagai tulisan dari pengunjung untuk ditampilkan di rumah maya ini. Sehingga pengunjung juga bisa merasa ikut memiliki situs rumah kiri tersebut.

oleh
Erik Purnama Putra
Jurnalis Koran Bestari UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: