Penjara Khusus Koruptor

Senin 7 Juli 2008 (Duta Masyarakat)

Rencana Jaksa Agung Hendarman Supandji untuk membuat lembaga permasyarakatan (LP) khusus koruptor patut didukung. Mengapa harus sampai perlu dibuat LP khusus koruptor? Ide tersebut muncul karena dari waktu ke waktu pejabat negara yang melakukan tindak pidana korupsi jumlahnya semakin banyak. Mulai pejabat pemerintah setingkat bupati, gubernur, anggota DPR, hingga petinggi kejaksaan agung sendiri terlibat suap, yang merupakan salah satu bentuk korupsi. Sehingga untuk memberikan efek hukuman yang setimpal maka para pelaku korupsi itu perlu dijebloskan ke dalam tahanan khusus koruptor tentunya.

Selama ini, masih banyak koruptor yang meskipun sudah dijebloskan ke dalam hotel prodeo ternyata mereka masih mendapatkan perlakuan istimewa dari aparat. Koruptor itu malah mendapatkan fasilitas lux yang lumayan lebih dibanding penghuni sel lainnya. Padahal kejahatan yang diakibatkan koruptor itu efeknya lebih buruk bagi bangsa ini dibanding dengan pelaku kejahatan yang lainnya. Sehingga cukup menjengkelkan ketika para koruptor itu mendapatkan pelayanan yang istimewa di balik jeruji sel.

Menyikapi kondisi itu sangat wajar jika pemerintah akhirnya mencetuskan untuk membuat penjara khusus koruptor guna mengeliminasi pemberian pelayanan lebih kepada koruptor yang telah melakukan perbuatan merugikan negara tersebut. Pembuatan penjara khusus koruptor dimaksudkan untuk menghindari kesan bahwa koruptor tersebut di dalam penjara mendapatkan perlakuan yang lebih baik daripada tahanan lainnya. Sehingga jika LP khusus koruptor sudah berdiri, setiap pelaku korupsi dapat diperlakukan sama dengan pelaku kejahatan lainnya, dan mereka akan mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya. Meskipun dulunya mereka menyandang jabatan penting.

Pembuatan lembaga permasyarakatan khusus koruptor merupakan sebuah keniscayaan bagi terciptanya sistem peradilan yang lebih baik. Karena dengan adanya penjara khusus koruptor, nanti pelaku korupsi akan mendapatkan punishment yang setimpal dengan perbuatannya.

Saya lebih mendukung jika nantinya LP khusus koruptor itu didirikan di Nusa Kambangan agar pelakunya tidak bisa merasakan hidup bebas lagi karena aksesnya terbatas. Pembuatan LP khusus koruptor juga bisa memberikan hukuman moral yang lebih baik daripada harus memenjarakan pelaku korupsi ditahanan umum. Apalagi biasanya koruptor itu notabene adalah orang yang berwawasan luas dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Sehingga tidak sepatutnya mereka diperlakukan sama dengan pelaku kejahatan lainnya.

Berdirinya LP khusus koruptor merupakan sebuah keniscayaan untuk membuat efek jera. Karena masyarakat akan dapat langsung mengenali wajah pelaku itu ketika ada dipenjara, sebab penghuni penjara itu pasti koruptor. Sehingga nanti bisa timbul efek jera dan bagi siapa saja yang ingin melakukan perbuatan korupsi bisa berpikir ulang karena jika tertangkap dampaknya akan besar dan risiko akan dicaci-maki masyarakat akan terjadi.

Erik Purnama Putra

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

erikeyikumm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: