Sinar Cerah Pemberantasan Korupsi

Rabu 8 Oktober 2008 (Duta Masyarakat)

Ada kabar bagus yang diterima bangsa Indonesia berkaitan kebijakan pemberantasan korupsi yang dilakukan pemerintah, yaitu meningkatnya peringkat korupsi Indonesia. Hasil data yang dirilis Huguette Labelle, Chairperson Transparency International tentang Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2008 menempatkan Indonesia pada peringkat 126 di antara 180 negara yang disurvei dengan nilai 2,6.

Kondisi itu sedikit melegakan masyarakat Indonesia karena sedikit demi sedikit peringkat Indonesia mengalami peningkatan. Jika tahun 2007 nilai IPK masih 2,3, tentu berarti kinerja aparat penegak hukum di negeri ini semakin baik dalam memberantas korupsi.

Tidak bisa dimungkiri jika korupsi telah mampu melumpuhkan sendi kehidupan bernegara. Karena banyak sekali dana pembangunan yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat malah disalahgunakan segelintir orang dan masuk kantong pribadi. Sehingga pembangunan tidak berjalan dan masyarakat tidak mendapatkan kesejahteraan seperti yang diharapkan.

Sebagaimana kita tahu, Indonesia sempat dijuluki sebagai negara terkorup di Asia, bahkan masuk jajaran top terkorup di dunia. Tentu saja ’prestasi’ yang kurang mengenakkan tersebut membuat bangsa Indonesia terpuruk, yang berimbas pada suramnya kehidupan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.

Pasalnya, korupsi yang sudah menggurita membuat Indonesia mendapatkan image buruk dari negara lainnya. Hal itu berdampak pada sangat sedikit kepercayaan negara lain untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Bahkan predikat buruk telah membuat bangsa ini dalam posisi terbelakang dibanding negara tetangga.

Padahal tak ada yang menyangkal jika Tanah Air ini diberkahi kekayaan alam yang berlimpah ruah. Sayangnya, segala kekayaan yang dimiliki dan diolah hasil penjualannya banyak yang dikorupsi dan dinikmati elite petinggi pemerintah. Sehingga dana yang seharusnya digunakan untuk mengentaskan kemiskinan malah dinikmati oknum tertentu, yang berakibat banyaknya masyarakat Indonesia yang hidupnya masih jauh dari kata sejahtera.

Membaiknya IPK korupsi Indonesia juga semakin menancapkan bahwa kondisi itu tercipta berkat hasil kerja keras Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang sangat giat sekali memberantas segala bentuk praktik korupsi di tubuh pemerintahan. Meskipun masih banyak yang perlu dibenahi, seperti kesan tebang pilih dalam mengungkap kasus korupsi, namun kita juga patut memberikan apresiasi khusus atas kinerja KPK yang banyak mengungkap korupsi kelas kakap.

Gebrakan KPK tersebut pasti akan membawa dampak luar biasa baiknya bagi kehidupan masyarakat negeri ini .Pasalnya negara lain nantinya tidak akan takut lagi menanamkan investasinya di Indonesia, karena penegakan hukum sudah berjalan dengan baik.

Kondisi itu jelas merupakan sebuah sinar cerah dan harapan baru bagi terciptanya pemberantasan korupsi di negara ini. Karena hasil kerja keras KPK akan dinilai negara lain bahwa pemerintah Indonesia serius berperang melawan korupsi. Dan Indonesia bisa menarik sebanyak-banyaknya investor yang akan menanamkan investasinya di Indonesia.an”;

Erik Purnama Putra

Mahasiswa UMM

erikeyikumm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: