Dicari, Pemimpin Bangsa, Bukan Partai

Selasa 11 November 2008 (Sinar Harapan)

Dari semua capres yang menyatakan akan maju dalam pilpres 2009 mendatang, hampir kebanyakan merasa dirinya sudah layak untuk memimpin negeri ini. Tidak ada satu pun yang merasa bahwa dirinya adalah orang gagal yang ikut berperan menjerumuskan bangsa Indonesia seperti sekarang. Karena dulunya para capres tersebut juga berada dalam sistem pemerintahan sebelumnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai incumbent misalnya, menggembar-gemborkan segala pencapaian prestasi dan keberhasilannya dalam memimpin negeri ini. Namun, segala informasi itu dilakukan bukan atas nama negara, melainkan partai Demokrat yang menyokongnya.

Strategi berbeda diusung oleh para penantang Susilo Bambang Yudhoyono seperti Wiranto, Prabowo, maupun Megawati, semuanya mencitrakan dirinya sebagai tokoh yang seolah-olah adalah pemimpin besar yang dinantikan kehadirannya oleh masyarakat. Sayangnya, dia menampilkan dirinya melalui partai pengusungnya, bukan murni demi kepentingan negara.

Sehingga jika dilihat dari kacamata politik, tidak ada satu capres pun yang memiliki agenda politik yang benar-benar ingin mengangkat keterpurukan Indonesia. Pasalnya, mereka semua hanya menjual nama pribadi maupun partai. Sedangkan rakyat hanya dijadikan komoditas politik. Tidak lebih!

Apakah kita bakal mencari pemimpin seperti itu? Rakyat Indonesia membutuhkan pemimpin yang bekerja keras dan memberikan teladan baik bagi rakyatnya. Bukan hanya untuk partai pengusungnya saja.

Sayangnya, sampai saat ini saya tidak melihat ada sosok capres yang berniat tulus ingin membawa perubahan bagi Indonesia. Buktinya, mereka hanya mengunggulkan diri sendiri dan mencoba mengibarkan bendera partainya supaya semakin dikenal luas masyarakat. Karena itu, jangan sampai kita terjebak memilih pemimpin yang tidak mementingkan rakyatnya.

Erik Purnama Putra

Mahasiswa Psikologi UMM

Gedung Student Center lt.1 Bestari UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: