Biasakan Membuang Sampah di Tempatnya

Citizen Journalism, Senin, 17 November 2008 (Surabaya Post)kebakaran-truk

Pepatah lama yang berbunyi buanglah sampah di tempatnya agaknya perlu diperhatikan masyarakat luas. Pasalnya, terbukti pepatah bijak tersebut banyak menimbulkan dampak positif jika kita mengikuti anjurannya. Di samping menjaga kebersihan sebagai perwujudan iman, juga termasuk bisa menghadirkan keselamatan bagi manusia.

Apakah pernyataan saya di atas cenderung berlebihan? Saya pikir tidak juga jika kita mengikuti cerita saya berikut ini. Beberapa waktu lalu ada sebuah kebakaran yang menimpa truk pengangkut koran dan kardus bekas di daerah depan kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kebakarannya yang terjadi saat itu sungguh hebat dan memunculkan asap banyak.

Pada saat itu, truk pengangkut baru berjalan beberapa puluh meter dari gudang penyimpanan barang rongsokan. Setelah pekerja berhasil memasukkan semua muatan dalam truk hingga penuh, truk berjalan pelan meninggalkan gudang menuju tempat pengolahan kertas bekas.

Sayangnya, belum seberapa jauh dari gudang, tiba-tiba sopir menghentikan truknya ketika beberapa orang di jalanan berteriak kepadanya bahwa muatan truk terbakar hebat. Seketika itu juga sopir truk menghentikan laju kendaraannya dan mendapati bahwa dari dalam bak muatan truk muncul api yang semakin lama semakin membesar.

Tentu saja kejadian itu menarik banyak perhatian pengendara untuk berhenti melihat kejadian yang cukup langka tersebut, hingga berakibat jalanan menjadi macet seketika. Sementara, sopir beserta kernetnya sibuk memadamkan api dengan mengambil air sungai yang tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP) dengan dibantu warga sekitar.

Selanjutnya api berhasil dikendalikan, beberapa pekerja tampak berusaha menurunkan kertas dan kardus bekas dari truk supaya tidak terjadi hal yang bisa membahayakan. Namun tetap saja asap hitam hasil pembakaran masih membumbung tinggi.

Setelah beberapa saat, polisi datang untuk mengamankan TKP dan membantu mengatur jalanannya lalu lintas supaya lancar. Polisi juga turun untuk melakukan penyelidikan kebakaran itu.

Setelah diselidiki, ternyata kobaran api berasal dari puntung rokok yang dibuang pekerja ketika sedang mengangkat koran dan kerdus bekas ke dalam truk. Mungkin saat itu pekerja pengangkut barang tidak menyangka jika perbuatannya membuang puntung rokok bisa berakibat fatal, yaitu terbakarnya barang angkutan dalam truk.

Dari peristiwa itu, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa perbuatan sepele dengan membuang puntung rokok sembarangan, ternyata bisa membuat kebakaran hebat. Sehingga, belajar dari pengalaman tersebut sudah sepatutnya kita membuang sampah tidak sembarang tempat dan jangan meremehkan sebuah hal kecil. Buktinya, membuang puntung rokok sembarangan bisa mengakibatkan kebakaran hebat pada truk pengangkut kertas dan kardus bekas.

Erik Purnama Putra

Mahasiswa UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: