Mengembangkan Potensi Kemaritiman

Citizen Journalism, Selasa, 2 Desember 2008 (Surabaya Post)

Indonesia hingga kini belum bisa menjadi negara besar karena melupakan sektor maritim dan terlalu bergantung pada kekayaan yang ada di daratan. Padahal, bangsa ini dikarunia Tuhan kekayaan melimpah, yang banyak tertanam di lautan lepas. Buktinya, luas Indonesia terdiri 17 ribu pulau lebih, dan dua pertiga wilayahnya berupa lautan.

Sayangnya, segala potensi itu belum dapat dimanfaatkan dengan baik. Belajar pengalaman terdahulu, pemerintah sekarang berusaha semaksimal untuk berusaha mengelola kekayaan alam laut sebagai basis utama demi menciptakan kesejahteraan rakyatnya.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi ketika memberikan orasi ilmiah kepada wisudawan-wisudawati di Dome, Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (29/11). Pada kesempatan itu, Freddy mengajak hadirin untuk memahami bahwa sektor kelautan Indonesia sebenarnya memiliki kekayaan yang luar biasa besarnya. Namun, hingga kini masih sedikit sekali yang sudah mampu dikelola masyarakat maupun pemerintah.

Menurut menteri kelahiran Papua tersebut, Indonesia tidak bisa menafikan dirinya sebagai negeri bahari karena dua pertiga wilayahnya adalah lautan lepas. Karena itu, sudah sepatutnya bangsa ini tidak bisa membiarkan begitu saja segala potensi yang terkandung di dalam laut karena dapat menjadi modal membangun bangsa ke depannya.

Kebijakan pemerintah yang selama ini lebih berkonsentrasi pada pengembangkan daratan membuat sektor kelautan menjadi kurang diperhatikan. Padahal kekayaan yang terkandung dalam lautan Indonesia berlimpah ruah dan jumlahnya tidak terkira. Karena itu, sudah tepat kebijakan pemerintah sekarang yang berusaha mengembangkan kelautan untuk menyejahterakan rakyatnya.

Di samping daratan yang selama ini menjadi tumpuan utama pembangunan bangsa sudah tidak mampu lagi diandalkan. Juga, sektor bahari yang selama ini terlupakan ternyata menawarkan kekayaan yang tidak terhitung nilainya. Yang jika dikelola dengan baik, lautan Indonesia mampu memberikan kesejahteraan yang cukup kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Seandainya Indonesia sejak dulu memperhatikan sektor kelautan, jelas mantan Duta Besar Indonesia untuk Italia, kondisi bangsa ini pasti bisa lebih sejahtera dibanding sekarang. Untuk itu, kebijakan pemerintah yang sangat concern terhadap pemberdayaan sektor maritim sebagai tulangpunggung meningkatkan taraf hidup rakyat patut didukung semua pihak.

Freddy Numberi yang sering menyelingi orasinya dengan bahasa Inggris mengatakan, jika bidang kemaritiman dikelola dan dikembangkan dengan baik pasti akan menghasilkan dampak luar biasa besarnya bagi perjalanan bangsa ini. Ujungnya, Indonesia bisa menjadi negara yang disegani dan berjaya di dunia.

Erik Purnama Putra

Anggota FDI UMM

erikeyikumm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: