Menyibak Jasa Besar Sosok Ibu

Forum Pembaca, Selasa, 23 Desember 2008 (Duta Masyarakat)

Ibu sepanjang hayat. Surga di telapak kaki ibu. Itulah slogan yang beredar di kehidupan masyarakat dan sering kita dengar untuk menggambarkan betapa hebatnya sosok ibu bagi kehidupan seseorang. Hal itu tercermin dari agama dan banyaknya budaya dalam masyarakat yang menempatkan sosok ibu sebagai pribadi terpenting dalam perjalanan manusia, tanpa terkecuali. Bahkan, Rasulullah Saw. pernah berujar, sosok ibu adalah orang yang harus dihormati paling dulu dan lebih dibandingkan siapa pun, termasuk ayah.

Sejarah juga mencatat bahwa tokoh besar lahir karena memiliki sosok ibu yang penuh perhatian dalam memberikan kasih sayang kepada anaknya. Karena itu, tidak dapat dinafikan jika peran ibu dalam kehidupan setiap manusia selalu berada pada posisi penting dan terdepan dalam membentuk generasi unggul.

Tidak dapat dimungkiri jika sosok ibu adalah orang terpenting bagi perjalanan hidup manusia. Sosok Ibu yang diidentikkan dengan pribadi pengertian, sabar dan cerdas adalah cerminan makhluk sempurna ciptaan Allah Swt. Sehingga setiap manusia tentu tidak bakal lupa dengan segala kasih sayang yang dicurahkan ibu kepada anaknya ketika masih kecil.

Membicarakan jasa ibu bakal tidak ada habisnya. Sangat mengagumkan sekali jika kita bisa merekam perjalanan sosok Ibu kita yang dengan setia mendidik dan mendorong anaknya untuk selalu menjadi pribadi lebih baik daripada sebelumnya. Perjuangannya dalam membesarkan anaknya tidak kenal lelah dan didasari rasa ikhlas. Dedikasi ibu dapat dikatakan total dan tidak mengharap balasan dari anaknya. Jika pun di kemudian hari anak ingin membalas semua jasa yang diberikan ibu, hal itu bakal tidak cukup dibanding dengan pengorbanan ibu yang sejak melahirkan dengan tulus merawat anaknya.

Sungguh sosok mulai terpancar dari dalam diri ibu masing-masing orang. Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember hendaknya jangan dijadikan perayaan bersifat seremonial belaka. Jauh lebih penting, setiap orang selayaknya menanamkan ke dalam dirinya supaya menempatkan posisi ibu pada lapisan teratas orang yang berjasa besar.

Erik Purnama Putra

Anggota UKM FDI UMM, Gedung SC. Lt.1 Bestari Unmuh, Malang

e-Mail: erikeyikumm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: