Menyoal Tudingan TNI Tidak Netral

Suara Konsumen, Kamis, 8 Januari 2009 (Surabaya Post)

Ada dampak serius berkaitan masalah tudingan Tjahjo Kumolo dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) disinyalir tidak netral dalam menyongsong datangnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2009. Aneh dan lebih mengkhawatirkan, ucapan itu didukung Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP), yang menyatakan akan menanyakan masalah itu langsung kepada Panglima TNI dalam rapat kerja bersama DPR dengan pemimpin tertinggi TNI itu medio Januari 2009.

Menyikapi komentar provokatif yang diucapkan Ketua Fraksi PDIP itu, pihak TNI melalui Kepala Pusat Penerangan Markas Besar (Mabes) TNI, Marsekal Muda, Sagom Tamboen, harus melakukan klarifikasi dan membantah keras pernyataan menyudutkan itu. Dengan tegas, dikatakan jenderal bintang dua itu, komentar politikus PDIP itu sangat membingungkan dan sungguh prematur.

Pasalnya, Pemilu 2009 masih belum belum digelar dan secara tiba-tiba ada seseorng yang mengatasnamakan partainya mengeluarkan pendapat berisi tuduhan tanpa dasar. Karena itu, jelas tidak logis dan terkesan asal ucap saja pernyataan tuduhan yang dilontarkan Tjahjo Kumolo itu.

Jika boleh jujur, tudingan Tjahjo Kumolo itu lebih bernuansa intrik politik sebagai upaya meneror dan mendeskreditkan pihak tertentu yang dirasa tidak berkawan dengannya. Namun, bagaimana fakta sebenarnya tentu masih perlu dibuktikan lagi. Karena tudingan Tjahjo yang menyebut TNI yang dibilang tidak netral jelas sangat tidak menguntungkan negara maupun masyarakat Indonesia. Malahan, kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tidak tenang dengan munculnya tudingan itu.

Sebagai salah satu politikus nasional, kita tentu patut mempertanyakan motivasi Tjahjo Kumolo ketika dengan beraninya mengeluarkan komentar yang tidak dilengkapi fakta itu. Karena jika tidak, pernyataan itu sama saja dengan fitnah dan hanya menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan rakyat Indonesia.

Erik Purnama Putra

Mahasiswa Psikologi Unmuh Malang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: