Rakyat Inginkan SBY Tetap Memimpin

Selasa, 14 April 2009 (Jurnal Nasional)

Hasil pemilihan legislatif (pileg) secara resmi belum diumumkan sebab KPU sebagai penanggungjawab pelaksanaan pesta demokrasi masih melakukan hitungan manual. Namun berkaca dari quick count berbagai lembaga survei yang menempatkan Partai Demokrat (PD) di posisi teratas dengan perolehan suara 20 persen lebih sedikit di tingkat nasional sudah bisa dijadikan pegangan bahwa rakyat masih menginginkan partai pengusung Presiden SBY tersebut untuk melanjutkan berbagai program pemerintahannya.

Pasalnya, dengan raihan PD di nomor satu dengan mengungguli PDIP dan Partai Golkar yang rencananya bakal mengusung calon presiden (capres) sendiri, maka bisa disebut rakyat lebih condong untuk memilih Presiden SBY agar menduduki kembali kursi Presiden RI. Ditambah tingkat popularitas dan elektibilitas SBY yang lebih tinggi daripada Megawati (PDIP) dan Jusuf Kalla (Golkar), maka perolehan suara SBY di pemilihan presiden (pilpres) pada Juli nanti bisa jauh mengungguli lawannya.

Tak dapat dimungkiri, kinerja Presiden SBY yang dinilai cukup berhasil dalam menahkodai pemerintah menjadi modal berharga bagi PD dalam memenangi pileg. Sehingga masyarakat yang semakin cerdas dan kritis dalam memberikan hak suaranya menjatuhkan pilihan pada PD yang dinilai bekerja keras dalam mengawal seluruh kebijakan Presiden RI.

Realita itu jelas mengecewakan partai oposisi yang dikomandoi PDIP, yang selama kampanye dengan gencarnya mengkritik habis kebijakan pemerintah yang dinilai tak membawa kesejahteraan rakyat. Namun sayang, masyarakat tak sedikit pun terpengaruh dengan isu yang dihembuskan elite partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut. Sehingga dampaknya mayoritas pemilih tetap mendukung PD, yang dinilai kebijakannya pro rakyat.

Berpatokan dari realita itu, sudah jelas masyarakat masih memberikan kesempatan kepada SBY untuk menjadi Presiden RI periode 2009-2014. Memang masih prematur jika dikatakan Ketua Dewan Pembina PD tersebut akan menjadi pemimpin Indonesia lagi sebab pilpres belum berlangsung dan suasana politik masih terus berjalan dinamis. Tetapi tak ada yang meragukan jika capres Mega dan JK perlu bekerja sangat keras untuk berhadapan dengan SBY yang didukung partai pemenang legislatif.

Tetapi, PD dan SBY jangan jumawa dulu dan wajib bersikap proporsional dalam menyikapi realita yang terjadi sekarang. Karena masyarakat sebagian besar memang menginginkan pembangunan Indonesia bisa berkelanjutan, bukannya perubahan seperti yang diusung partai oposisi. Sehingga lebih baik SBY berkonsentrasi untuk menjalankan tugasnya sebagai Presiden RI periode 2004-2009 yang bakal selesai Oktober nanti. Itu lebih baik dan bijak mengingat sebagian besar masyarakat sudah yakin dengan kepemimpinannya. Karena itu, dengan merampungkan pemerintahannya dan terus bekerja menciptakan kebijakan pro rakyat, maka masyarakat akan terus mendukung SBY untuk menjadi penghuni Istana Negara.

Erik Purnama Putra

Mahasiswa Unmuh Malang

Satu Tanggapan to “Rakyat Inginkan SBY Tetap Memimpin”

  1. andrewiwanto Says:

    Ya krn bagi2 BLT di waktu kampanye..rakyat kan ga tau, kl yg tau politik seh SBY sama aj dech. blm ad perubahan, kl aman sih iy, krn investor kan butuh aman
    andrewiwanto.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: