Mempertahankan Wilayah Ambalat

Jumat, 5 Juni 2009 (Jurnal Nasional)

Konsentrasi masyarakat Indonesia saat ini terpecah menjadi dua karena mengikuti dua berita besar yang sedang terjadi, yang sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Perisitiwa pertama adalah agenda kampanye pemilihan presiden (pilpres) yang dihelat mulai 2 Juni, yang mampu menyedot konsentrasi seluruh masyarakat dan elite politikus untuk bekerja maksimal memenangkan capres maupun cawapresnya.

Sedangkan satunya peristiwa manuver kapal perang Malaysia yang dengan sengaja melanggar aturan hukum internasional dengan memasuki perairan Indonesia, tepatnya di wilayah Ambalat. Sehingga setiap perkembangan kejadian di perairan kaya akan cadangan minyak tersebut diikuti terus seluruh rakyat Indonesia karena menyangkut masalah kedaulatan Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI).

Dua peristiwa besar itu menjadi tak terpisahkan karena memiliki keterkaitan. Pasalnya siapa pun Presiden RI terpilih nanti harus mampu mencari solusi atas kasus sengketa Ambalat yang sudah berlarut-larut tak kunjung menemukan kata sepakat antara Indonesia dengan Malaysia. Karena jika dibiarkan terus-menerus maka kemungkinan adanya pencaplokan wilayah NKRI oleh Malaysia bisa terjadi.

Berkaca dari sejarah, sudah sering kali Tentara Diraja Laut Malaysia yang merasa memiliki wilayah Ambalat harus menerobos masuk wilayah lautan Indonesia, yang tentu saja dihadang kapal perang TNI-AL. Meskipun selalu diberi peringatan oleh TNI-AL, namun sepertinya Tentara Diraja Laut Malaysia tak mengabaikannya dan malah terus berusaha memancing amarah publik Indonesia dengan berpatroli di perairan Indonesia.

Karena itu sudah saatnya rakyat Indonesia menyeru kepada TNI-AL untuk bersikap dan tak ragu-ragu dalam bertindak menjaga kedaulatan negara agar setiap jengkal wilayah NKRI aman dari gangguan negara lain. Maka itu kita wajib keras memandang tindakan Malaysia sebagai pelanggaran sehingga Ambalat harus dipertahankan dengan segala cara. Untuk itu tindakan kapal perang Malaysia itu tak bisa dibenarkan dengan dalih apa pun.

Erik Purnama Putra

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Gedung SC Lt.1 Bestari Kampus III UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: