Dampak Internet Masuk Desa

Rabu, 24 Juni 2009 (Jurnal Nasional)

RENCANA pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) yang menargetkan pada 2010 semua desa di penjuru nusantara sudah terkoneksi internet merupakan langkah progresif yang patut didukung. Pasalnya dengan masuknya internet ke setiap desa di semua wilayah Indonesia maka masyarakat yang hidup di pelosok, yang selama ini selalu tertinggal mendapatkan informasi tak akan lagi mengalami hal itu. Mengingat dengan adanya internet pastinya masyarakat dalam suatu desa mendapatkan manfaat positif diberbagai bidang, salah satunya menikmati perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Untuk menyukseskan program itu hendaknya pemerintah perlu menyiapkan tenaga yang berfungsi menyosialisasikan keberadaan internet sekaligus sebagai pengajar supaya masyarakat yang masih awam dengan dunia teknologi dapat beradaptasi mengoperasikan internet. Karena sebagaimana kita tahu, internet hingga kini masih terkonsentrasi di kota besar yang penggunanya kebanyakan kalangan menengah atas. Maka itu, jika nanti penetrasi internet ke seluruh pelosok desa terealisasi maka setiap penduduk di Indonesia setidaknya mampu memanfaatkan keberadaan internet atau setidaknya mampu mengoperasikannya.

Memperbincangkan internet, kita boleh belajar pada negara Jepang yang seluruh wilayahnya terkoneksi internt sehingga masyarakatnya melek internet. Kondisi itu mampu dimaksimalkan masyarakat Jepang untuk mengenalkan beragam kekayaan di daerahnya demi kepentingan promosi kepada penduduk dunia yang akhirnya banyak datang ke negeri Matahari Terbit tersebut. Hal itu berkat masyarakat yang mampu memaksimalkan keberadaan internet untuk meningkatkan kualitas taraf kehidupan.

Meskipun mengakibatkan dampak buruk, namun secara keseluruhan keberadaan internet banyak manfaatnya jika digunakan sebagaimana mestinya. Karena diyakini internet mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dari berbagai segi, khususnya melek informasi dan perkembangan berita terbaru.

Di samping mendapatkan akses informasi dan pengetahuan terkini, masyarakat pelosok desa terpencil dapat memanfaatkan jaringan internet untuk mempromosikan hasil produk alam kepada pedagang dari luar kota. Juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi desa dan tempat wisata tradisional ke seluruh masyarakat dunia. Karena itu, keberadaan internet akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Keuntungan terkoneksinya internt hingga ke semua desa adalah seandainya ada bencana alam di pelosok desa yang jauh dari kota, maka pemerintah pusat tidak perlu waktu lama untuk bertindak sebab masyarakat di sana hanya perlu menceritakan kepada pemerintah pusat tentang kondisi bencana sebenarnya melalui koneksi internet. Sehingga bantuan yang didatangkan nanti tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat.

Maka itu saya berkeyakinan semakin banyak masyarakat yang menggunakan koneksi internet sebagai penunjang aktivitas keseharian maka kondisi bangsa ini akan terus meningkat. Mengingat keberadaan internet selaras dengan kemajuan peradaban bangsa. Sehingga dengan semakin banyak user internet, kemajuan yang diraih sebuah bangsa akan meningkat pesat sebab mampu mendongkrak kadar pengetahuan masyarakat desa.

Erik Purnama Putra
Mahasiswa Psikologi UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: