Jembatan Suramadu, Ikon Kebanggaan Indonesia

Sabtu, 20 Juni 2009 (Jurnal Nasional)

DI tengah hiruk pikuk kampanye pemilihan presiden (pilpres) 2009, masyarakat mendapatkan sebuah kabar menggembirakan mengenai diresmikannya Jembatan Suramadu oleh Presiden SBY pada (10/6). Dan sejak saat itu Jembatan Suramadu dapat dilintasi kendaraan bermotor dan digunakan sebagai sarana memperlancar kegiatan perekonomian masyarakat Jawa-Madura. Yang tak kalah mengagumkan, bangsa Indonesia saat ini tercacat dalam sejarah sebab menyandang sebagai negara yang memiliki jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Di luar itu, selesainya pembangunan Jembatan Suramadu yang memakan waktu hampir 6 tahun patut disyukuri bangsa Indonesia. Pasalnya, di saat bangsa ini masih mencoba bangkit dari keterpurukan yang masih membelenggu, negeri ini mampu membuat sebuah mahakarya bangunan yang jadi ikon kebanggaan yang levelnya tingkat dunia. Karena itu, jika dulu bangsa ini identik hanya dengan Candi Borobudur, mulai sekarang dan masa yang akan datang Indonesia akan bisa berbangga dengan keberadaan Jembatan Suramadu.

Pembangunan jembatan yang sudah menerapkan teknologi modern hingga dirancang mampu bertahan 1 abad tersebut membuktikan bahwa anak bangsa juga mampu membuat masterpeace kokoh yang mengagumkan. Mengingat Jembatan Suramadu merupakan produk kreasi yang tak sembarangan bangsa mampu membuatnya. Sehingga dengan selesainya jembatan megah tersebut membuktikan bahwa anak bangsa juga mampu menjadi bukti perihal kemampuan SDM Indonesia yang sebenarnya dapat disejajarkan dengan negara maju.

Di sisi lain, dibukanya Jembatan Suramadu juga akan membawa dampak positif lain bagi perekonomian bangsa pada umumnya, dan kesejahteraan warga Surabaya dan Madura pada khususnya. Mengingat dengan semakin lancarnya arus transportasi dan pengiriman barang, serta denyut perekonomian makin cepat, maka secara tak langsung akan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat yang dilalui jalur Suramadu. Karena jarak tempuh yang dulunya harus melewati selat dengan menggunakan tarnsportasi kapal feri, sekarang bisa dipersingkat dengan ditempuh melalui jalur darat.

Maka itu saya yakin Jembatan Suramadu yang eksotik akan mampu menciptakan berdirinya kawasan industri di sepanjang rute Suramadu yang diikuti terciptanya lapangan pekerjaan. Sehingga keberadaan Suramadu akan mendatangkan kemaslahatan penduduk setempat dan rakyat Indonesia dalam bidang pertumbuhan ekonomi, yang tentunya bakal diikuti tercapainya kesejahteraan rakyat Jawa Timur.

Sebagai penduduk Jawa Timur, saya turut bangga dengan selesainya pembangunan Jembatan Suramadu, dan berharap momen itu mampu menjadi titik balik bagi bangsa ini untuk mencapai peradaban lebih tinggi agar mampu mengejar negara barat. Karena hingga kini hanya sedikit negara di dunia yang mempunyai jembatan panjang berteknologi tinggi yang menghubungkan dua pulau yang terpisah. Karenanya, saya berharap nantinya jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu akan mampu menghidupi rakyat dan menjadi kebanggaan bersama seluruh rakyat Indonesia, serta simbol peradaban negeri ini.

Erik Purnama Putra
Pegiat Pers Kampus Bestari UMM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: