Malaysia Lecehkan Kedaulatan NKRI

Suara Pembaca, Senin, 15 Juni 2009 (Surabaya Pagi)

BELUM selesai ribut-ribut seputar seringnya kapal perang Tentara Laut Diraja Malaysia yang memasuki perairan Ambalat, masyarakat dikejutkan lagi tentang terdeteksinya pesawat tempur asing yang menyusup di wilayah udara Indonesia oleh satuan radar TNI-AU di Tarakan. Dari informasi yang dirilis didapat bahwa sudah empat kali pesawat tempur asing yang terdeteksi melakukan manuver di langit Indonesia di sekitar perairan Ambalat. Meskipun hingga saat ini belum jelas pesawat tempur tak dikenal itu milik siapa, tetapi dugaan kuat yang berkembang menyebutkan bahwa jet tempur itu milik tentara Malaysia.

Sebagai negara berdaulat sudah semestinya Indonesia mengambil sikap tegas guna merespon setiap kejadian di perairan Blok Ambalat. Karena yang terjadi di perairan Ambalat sudah bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk nyata ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga selayaknya pemerintah tak sekedar beretorika saja. Mengingat yang diinginkan rakyat Indonesia adalah ketegasan menyikapi tindakan penghinaan Malaysia yang secara terang-terangan melanggar batas teritorial yang dilakukan berulang kala.

Diplomasi yang lebih dikedepankan pemerintah boleh-boleh saja, namun tetap harus mengedepankan kepentingan bangsa dan jangan sampai malah jadi blunder bagi Indonesia. Karena kita tentu tak bisa membiarkan Malaysia dengan seenaknya sendiri berbuat sesuka hatinya dengan menginjak-injak kedaulatan negara Indonesia. Sehingga yang diperlukan pemerintah jangan pernah takut untuk mengambil langkah keras guna menunjukkan harga dirinya supaya tak dipandang remeh Malaysia.

Memang harus diakui kemampuan alutsista TNI masih lemah dan dari segi kecanggihan masih tertinggal jauh dibandingkan Malaysia. Namun hal itu jangan sampai dijadikan alasan dan melunturkan semangat juang TNI untuk tetap menjaga dan berada di garda terdepan membela kepentingan bangsa untuk menghadapi Tentara Laut Diraja Malaysia.

Sebagai bangsa besar tidak seharusnya Indonesia takut menghadapi Malaysia sebab negeri Jiran tersebut tak ada niatan baik untuk menyelesaikan masalah itu. Ingat, walaupun Malaysia menegaskan telah menyesal kapal perang Tentara Dirajanya telah memasuki wilayah perairan Indonesia, namun itu masih sebatas ucapan. Sementara di saat bersamaan sepertinya kapal laut mereka terus saja melakukan pelanggaran berulang kali dan tak ada niatan untuk menghentikannya.

Belum selesai masalah di laut yang sekarang dijaga ketat oleh kapal perang Indonesia (KRI), pihak Malaysia mengganggu ketentraman Indonesia. Ditambah manuver jet tempur asing yang diduga milik Malaysia semakin menunjukkan negeri tetangga itu memandang rendah Indonesia. Karenanya sudah jelas jika kondisinya seperti itu maka Malaysia dapat dikatakan tak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah Ambalat.

Bayangkan hingga saat ini pemerintah RI sudah menyampaikan 36 nota protes pelanggaran wilayah Ambalat oleh Malaysia. Dan tak ada tindakan untuk menyelesaikannya. Sedangkan Indonesia terlalu sering bersabar hingga malah dipandang remeh bangsa lain. Maka itu, apakah pemerintah dan rakyat Indonesia diam begitu saja menyaksikan tindakan tentara Malaysia yang sudah keterlaluan tersebut. Tentu perlu dilakukan sebuah tindakan agar memberikan efek jera kepada Malaysia.

Saya berkeyakinan tak ada satu negara pun di dunia ini yang kurang ajar seperti Malaysia. Karena berdasarkan sejarah perjalanan bangsa di dunia, jika ada bangsa yang mengganggu bangsa lainnya pasti akan meminta maaf dan tak akan mengulangi kesalahan serupa. Namun pemerintah Malaysia sepertinya bertindak hipokrit sebab mereka mengakui salah, tetapi terus melanggar. Sehingga jika seperti itu terus keadaannya maka tak ada salahnya kita mengingat slogan Bung Karno yang tak ragu-ragu menggelorkan “Ganyang Malaysia” supaya bangsa kita tak diremehkan negara serumpun, namun kurang tahu aturan itu.

Erik Purnama Putra
Mahasiswa Psikologi dan Aktivis Pers Kampus Bestari UMM

Satu Tanggapan to “Malaysia Lecehkan Kedaulatan NKRI”

  1. tforce2009 Says:

    GANYANG MALINGSHIT……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    http://tforce2009.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: