Jebloskan Semua Koruptor ke Tahanan

Sabtu, 25 Juli 2009 (Jurnal Nasional)

Bagi masyarakat Indonesia, kata koruptor itu sudah tak asing lagi didengar. Kata itu mungkin sudah banyak dikenal semua lapisan, mulai miskin hingga kaya, dan anak kecil hingga orangtua, bahkan penduduk pedesaan pun saya yakin tahu dengan yang namanya koruptor. Maka itu, bukannya saya berlebihan jika menyikapi kondisi bangsa Indonesia yang dinilai terpuruk seperti sekrang akibat dari banyaknya pejabat pemerintahan yang juga koruptor alias memakan uang pembangunan yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Namun tak maju-majunya kondisi negara ini memang pada dasarnya disebabkan banyaknya uang negara yang seharusnya dibelanjakan untuk kepentingan rakyat guna pembangunan SDM maupun sarana infrastruktur, ternyata malah dipakai untuk segelintir kelompok atau pribadi dengan menggunakan kekuasaan yang dimiliki pejabat itu. Sehingga, dana yang seharusnya mengalir ke rakyat kecil tak sampai, dan kemajuan bangsa dan peningkatan kualitas hidup masyarakat yang diharapkan cuma jadi keinginan yang tak pernah terwujud.

Dari fakta itu terlihat betapa bahayanya dampak buruk yang ditimbulkan koruptor bagi negeri ini. Karena tak da yang menyangkal lagi jika seandainya uang yang dikorup itu mengucur ke rakyat untuk pembangunan maka saya yakin Indonesia akan menjadi negara maju dan tak ada lagi rakyat yang hidupnya dalam lingkaran kemiskinan. Tetapi sayangnya, pejabat yang diberi amanah untuk memimpin tak pernah melakukan pekerjaannya dengan baik dan akhirnya berujung pada kondisi rakyat yang tak pernah terurus hingga harus menderita dalam hidup termarjinalkan.

Apakah menyikapi itu kita harus diam saja dan menyerahkan semuanya pada KPK. Tentu tidak hanya itu yang harus kita lakukan sebagai warga negara yang baik. Sehingga yang harus kita lakukan adalah mendukung setiap upaya KPK memberantas korupsi dan melaporkan setiap pejabat yang melakukan pencurian uanga negara. Karena jika hanya mengandalkan personel KPK yang jumlahnya terbatas dan tak sebanding dengan koruptor, pasti KPK akan keteteran. Maka itu, diperlukan bantuan proaktif dari setiap warga negara untuk mengawasi setiap pejabat yang korupsi.

Dan saya mengharapkan KPK tidak segan memenjarakan seseorang meskipun dia menduduki jabatan penting di pemerintahan. Sehingga jika ingin Indonesia makmur maka caranya adalah menangkap dan menghukum koruptor dan semua masyarakat wajib mendukung agar tak ada lagi pejabat yang berani korupsi.

Erik Purnama Putra
Mahasiswa UnMuh Malang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: